2016-09-01

Memahami 3 hal Penting Master bahasa jepang

Mempelajari suatu bahasa merupakan tambahan poin bagi kita sebagai makhluk sosial. Sebab bahasa memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain. Tidak hanya kepada antar daerah bahkan antar bangsa yang mempunyai bahasa berbeda.

Namun, memanglah tidak mudah untuk mempelajari bahasa tersebut, tapi akan menjadi mudah ketika kita mengenal tahapan-tahapan dalam belajar tersebut. Mulai dari tahapan yang paling dasar sampai ke hal yang terumit.

Bahasa Jepang salah satu bahasa yang cukup sulit untuk dipelajari, terutama bagi kita yang berbahasa Indonesia yang mengenal huruf latin, Berbeda dengan bahasa Jepang yang memiliki huruf - huruf aksara..

Walaupun demikian, dengan mempelajari nya secara bertahap hal yang sulit sekalipun akan menjadi mudah, bukan?


Ada tiga hal dasar yang harus kita ketahui sebelum mulai belajar bahasa Jepang
1.      Mengenal dan Memahami huruf -huruf Jepang
Dalam bahasa Indonesia kita mengenal huruf latin, sedangkan dalam bahasa jepang ada tiga jenis huruf yang harus kita pelajari: Hiragana, Katakana dan Kanji.

Hiragana merupakan huruf yang sangat mudah untuk dipelajari  karna bentuk tulisannya yang halus, contoh (わたし). Huruf hiragana merupakan huruf yang umumnya digunakan bagi orang Jepang. 

Sedangkan huruf katakan sama halnya dengan hiragana yang bahkan lebih mudah dalam penulisannya. Contoh, (ワタシ).  Terlihat lebih mudah karna dalam menulisnya lebih lurus lurus. 
Dalam penggunaannya, huruf katakana digunakan dalam penulisan bahasa serapan asing, seperti, kata kata bahasa asing, nama negara, tempat dan institusi. seperti, kata  アメリカ (Amerika) dan テニース (Tenis)

Sebaliknya, huruf kanji merupakan huruf yang cukup rumit untuk dipelajari karena berasal dari negara China. Huruf kanji ini merupakan simbol yang mewakili sebuah benda. 

Seperti kata "mizu"  (水yang berarti "air" . Namun demikian, huruf kanji sangat dan paling penting untuk dihafal dan dipelajari. 


2.      Kosa kata Bahasa Jepang
Kosa kata merupakan hal yang menjadi paling penting dan mendasar dalam mempelajari bahasa. Karna tanpa adanya kosa kata yang cukup akan menyebabkan kita sebagai pelajar bahasa akan blank dalam berkomunikasi.

Kosa kata bahasa jepang akan mudah untuk dihafalkan dengan cara menuliskan dan mendengarkan bunyi sebuah kata tersebut. Terlebih tulisan bahasa jepang memiliki huruf yang berbeda dari yang pernah kita hadapi sehari hari. 
  
3.      Tata Bahasa Jepang
Tata bahasa juga merupakan hal mendasar yang harus dipelajari, Tanpa pengetahuan tata bahasa yang baik akan menyulitkan dalam menyampaikan maupun memahami apa yang dibaca, didengar. Bahkan dapat menyebabkan salah pemahaman.

Tata bahasa jepang jauh berbeda dari tata bahasa Indonesia maupun bahasa inggris yang sudah sering kita gunakan sehari hari.

Struktur bahasa indonesia: S P O K (subjek + prediket/verba + Objek + keterangan ), sedangkan bahasa Jepang meiliki struktur S O  P (subjek + objek + prediket/verba).

Maka dari itu tata bahasa perlu dipelajari secara mendalam, sehingga akan memudahkan dalam berkomunikasi.

Nah, setelah kita mengetahui hal-hal dasar tersebut diatas, akan memudahkan kita untuk memulai dalam belajar bahasa. Bahasa jepang yang kelihatannya sulit tetapi setelah kita mengetahui dan memahami hal dasar bahasa tersebut semakin lama akan semakin mudah bagi kita.

Karna tidak ada hal yang sulit sebelum kita memulai. benar bukan?

0 comments:

Post a Comment