2016-09-01

BELAJAR HURUF HIRAGANA


Belajar bahasa tidak terlepas dari pelajaran dasar bahasa tersebut yaitu huruf. Huruf dalam bahasa jepang terbagi pada tiga jenis, huruf hiragana, katakana, dan kanji.

Pada bagian ini, kita akan membahas tentang huruf hiragana. Mempelajari dan menghafalkan huruf adalah hal wajib yang harus dilakukan, karna tanpa penguasaan terhadap huruf akan mejadi mustahil untuk menguasai suatu bahasa.

Huruf hiragana pada masa awalnya merupakan huruf yang digunakan oleh kaum wanita saja, karna memang dikarenakan kaum wanita tidak diperbolehkan menggunakan huruf katakana. Oleh karena itu huruf hiragana disebut dengan (onnade)  (女手). 

Belajar huruf hiragana
Huruf pada gambar disamping merupakan huruf dasar atau huruf standar hiragana yang terdiri dari 46 huruf. 

Adapun beberapa fungsi dari huruf hiragana yaitu:
1.  Menulis okurigana, menunjukkan huruf setelah huruf kanji

     contohnya: べる artinya makan.
     Okurigana  adalah huruf yang ditulis tebal

2.  Menulis kata keterangan adverb, beberapa kata benda (noun), dan kata      sifat (adjektif).
3.  Menuliskan buku bacaan  khususnya buku anak anak, animasi dan            komik.
4.  Menulis Furigana, yaitu cara baca kanji.
    
    今日 きょう
5. Menulis onamotope bahasa jepang, terkadang juga menggunakan huruf hiragana. misalnya peniruan bunyi suara binatang, suara benda atau suara gerakan. seperti bunyi doki doki dalam bahasa jepang (deg deg an atau debaran jantung dalam bahasa indonesia) maka tulisannya. どき どき.

Cara terbaik dalam mengafal dan mempelajari huruf hiragana tersebut dengan cara menuliskan  huruf per huruf secara berulang dan membaca huruf tersebut dalam bentuk kata atau dalam kalimat.

Sebagai latihan, silahkan ditulis kata berikut dalam huruf hiragana:
1. watashi
2. Anata
3. Kuruma
4. Akarui
5. hatarakimasu

Selanjutnya, coba teman teman baca huruf hiragana dibawah ini:
belajar huruf hiraga


ok, teman teman, demikianlah tentang huruf huruf hiragana standar yang ada dalam bahasa jepang. dan selanjutnya kita akan mempelajari huruf hiragana dakuon, handakuon, dan yuon yang merupakan huruf modifikasi dari huruf standard hiragana.


0 comments:

Post a Comment