2016-09-14

Kata Tunjuk Tempat : Koko, Soko , Dan Asoko Dalam Bahasa Jepang

Konichiwa, Minna san, pada postingan sebelumnya telah dibahas tentang kata tunjuk benda, kore,sore, are dan kono, sono ano yang merupakan pelajaran bab 1 dan 2 dalam belajar bahasa Jepang.

Selanjutnya, pada postingan kali ini kita akan mempelajari tentang Kata Tunjuk Tempat Koko, Soko, dan Asoko dalam bahasa Jepang. Kata tunjuk tempat merupakan pelajaran bab 3 dalam pelajaran level dasar dalam bahasa Jepang atau biasa disebut level N5. 

Kata tunjuk tempat merupakan kata tunjuk yang hanya digunakan untuk menunjukan dimana tempat berada, seperti menunjukkan hotel, rumah sakit, toilet, sekolah, masjid, mall, kantor, dapur, ruang tamu, ruangan makan, kelas dan lain lain. Ingat ya teman-teman hanya untuk menunjukan tempat.

Kata tunjuk tempat yang digunakan dalam bahasa Jepang yaitu kata tunjuk, koko, soko, dan asoko. Dalam bahasa Indonesia biasa kita menggunakan disini, disana dan disana (jauh). Seperti disini adalah toilet, disana adalah perpustakaan, disana (jauh) adalah kantor kepala sekolah.

Mari kita jelaskan satu-persatu kata tunjuk tempat dalam bahasa Jepang yaitu koko, soko dan asoko.

1.      Kokoここ
Kata tunjuk ここkoko dalam bahasa Indonesia mempunyai arti “disini”. Kata tunjuk ini digunakan oleh subjek pembicara ketika tempat yang ditunjuk berada dekat dari pembicara tersebut.

Contoh:

ここ は だいどころ です。
Koko wa daidokoro desu
Disini adalah dapur

ここは えき です。
Koko wa eki desu
Disini adalah stasiun

ここは ぎんこ です。
Koko wa ginko desu
Disini adalah bank

2.      Soko そこ
Kata tunjuk そこsoko dalam bahasa Indonesia mempunyai arti “disana”. Kata tunjuk ini digunakan/ dipakai ketika tempat yang ditunjuk berada sedikit jauh dari pembicara dan tempat yang ditunjukkan berada dekat dengan lawan bicara.

Contoh:

そこ は びょいん です。
Soko wa byoin desu
Disana adalah rumah sakit

そこ は そくど です。
Soko wa sokudo desu
Disana adalah kantin

そこは ロービ です。
Soko wa ro-bi desu
Disana adalah lobi

3.      Asoko あそこ
Kata tunjuk あそこasoko mempunyai arti “disana (jauh)”. Maksudnya disana jauh yaitu kata tunjuk asoko ini digunakan ketika tempat yang ditunjuk berada jauh dari pembicara maupun dari lawan bicara.

Contoh:

あそこ は ゆびんきょうく です。
Asoko wa yubinkyoku desu
Disana (jauh) adalah kantor pos

あそこ は とうそかん です。
Asoko wa tousokan desu
Disana (jauh) adalah perpustakaan

あそこ は うみ です。
Asoko wa umi desu
Disana (jauh) adalah pantai

Cara lain yang dapat digunakan untuk menunjukkan tempat yaitu, kochira, sochira dan achira.
こちらKochiraそちらsochira, dan あちらachira merupakan bentuk sopan dari kata tunjuk koko, soko, dan asoko. Ketika kita menggunakan kata kochira, sochira, dan achira itu akan menunjukan bahwa kita sangat sopan dalam berbicara. Walaupun menggunakan koko, soko, dan asoko masih bentuk formal dan tergolong sopan.

Contoh:

こちら は こうじょ です。
Kochira wa kojo desu
Disini adalah pabrik

そちら は がっこ です。
Sochira ha gakko desu
disana adalah sekolah

あちら は きょしつ です。
Achira wa kyositsu desu
Disana adalah kelas

Kata tunjuk koko, soko, dan asoko penggunaannya dalam kalimat dapat dibalik, dimana kata tunjuk tempat nya diletakkan setelah partikel wa. Toilet disini, kantor disana.  

トイレ は ここ です。
Toire wa koko desu.
Toilet disini

じむしょ は そこ です。
Jimusyo wa soko desu.
Kantor disana.
     
Setelah kita pahami cara menggunakan kata tunjuk tempat dalam kalimat seperti diatas, selanjutnya bagaimana cara kita menanyakan tempat.

Doko どこ
Kata tanya untuk menunjukkan tempat yaitu doko. Doko dalam bahasa Indonesia artinya dimana”. Dalam penggunaannya kata doko biasa diletakkan setelah pertikel wa dan diikuti oleh kata desu ka.

Perhatikan contoh berikut:

やまなか さん の へや は どこ ですか?
Yamanaka san no heya wa doko desuka? Atau
Kamar tuan tanaka dimanakah?

ほにゃ は どこ ですか?
Honya wa doko desu ka?
Toko buku dimana?

Mudah kan teman teman, cara menggunakan kata Tunjuk Tempat Koko, Soko Dan Asoko Dalam Bahasa Jepang. sekian dulu pelajaran bahasa jepang kali ini yaa. Semoga bermanfaat dan semangat dalam belajar bahasa jepang ^_^
     


0 comments:

Post a Comment