2016-09-09

Fungsi dan Penggunaan Kore, Sore, Are

ohayou gozaimasu minnasan,, ogenki desuka?  Semoga semuanya dalam keadaan sehat dan siap untuk melanjutkan pelajaran bahasa jepang nya ya.

Baiklah teman-teman, kita masuk pada topik pelajaran kita hari ini. Pelajaran hari ini kita akan membahas tentang kata tunjuk dalam bahasa jepang yaitu Penggunaan Kata Tunjuk Kore Sore Are. Kata tunjuk dalam bahasa jepang ada beberapa, seperti; kono sono ano, kore sore are, koko soko dan asoko. Pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang kono sono ano yang artinya ini, itu, dan itu (jauh) beserta penggunaanya dalam kalimat. Bagi yang belum paham atau tau penggunaanya silahkan cek lagi disini. Sekarang kita bahas, apa itu kore sore are dan dan bagaimana fungsi dan penggunaanya dalam kalimat.

これ Kore, それ sore, あれ are, memiliki arti sama dengan この kono, その sono dan あの ano yaitu ini, itu dan itu (jauh). Namun dalam penggunaanya sedikit berbeda dari kono sono dan ano. Petama, Kore sore are pada umumnya lebih tertuju untuk menunjukkan kata benda. Seperti, ini adalah tas, itu adalah meja guru tanaka, itu (jauh) adalah mobil ibu. Dalam peletakkannya kore sore are langsung diikuti partikel は wa. Perhatikan contoh berikut:

これ は ボールペン です。
Kore wa borupen desu.
Ini bolpen. 

これ は じしょ です。
Kore wa jisho dewa arimasen
Itu bukan kamus.

それ は せんせいの すくえ です。
Sore wa sensei no sukue desu.
Itu meja guru.

それ は せんふき では ありません。
Sore wa senfuki dewa arimasen
Itu bukan kipas angin.

 あれ は くるま です。
Are wa kuruma desu.
Itu (jauh) adalah mobil.

あれ は じてんさ では ありません。
Are wa jitensa dewa arimasen.
Itu (jauh) bukan sepeda.


Kedua, kata tunjuk Kore Sore Are dalam peletakkannya bisa diletakkan setelah partikel はwa dan kata benda yang ditunjuk terletak sebelum partikel はwa. Misalnya, mobil tuan tanaka bukan itu, tas saya bukan ini. kunci mobil saya itu. ok sekarang kita lihat contoh dalam bahasa jepang nya teman-teman:

 わたし の シャツ は これ ではありません。
Watashi no satsu wa kore dewa arimasen
Kameja saya bukan ini

やあださん の くつ は これ です。
Yamada san no kutsu wa kore desu.
Sepatu tuan tanaka adalah ini

くるま の かぎ は それ です。
Kuruma no kagi wa sore desu
kunci mobil adalah ini

しんぶん は それ ではありません。
Sinbun wa sore dewa arimasen
koran adalah bukan ini
Itulah cara penggunaan dan peletakkan kata tunjuk kore, sore, are dalam bahasa Jepang. sekarang kita beralih sedikit tentang bagaimana cara nya menggunakan kata tunjuk kore sore are dalam bentuk pertanyaan dan cara menjawabnya. ok langsung saja kita lihat contoh nya teman teman.

これ は なん ですか?
Kore wa nan desuka?
Ini apa?
それ は なん ですか?
Sore wa nan desuka
itu apa?
あれ は 何 ですか?
Are wa nan desuka?
itu (jauh) apa?

Jika pertanyaan nya seperti diatas teman-teman bisa langsung menjawab dengan menyebutkan nama benda nya,, seperti  くるま ですkuruma desu,はし です hasi desu, かぎ kagi desu.

これ は たばこ ですか?
Kore wa tabako desu ka?
Ini asbak? 
はい、そう です 
Hi, sou desu.
Ya, benar.

それ は くるま ですか?
Sore wa kuruma desuka?
Itu mobil?
いいえ、しがいます。それ は バス です。
Tidak, bukan.  itu adalah bus

これ は せんせい の ネクタイ ですか?
Kore wa sensei no nekutai desuka?
hi, sorewa sensei no nekutai desu.

それ は すずきさん の うち ですか?
Sore wa suzuki san no uci desuka?
hi, sirewa suzuki san no uci desu.

Itulah beberapa contoh Penggunaan Kata Tunjuk Kore Sore Are dalma kalimat teman teman, gampangkan? demikian dulu artikel belajar bahasa jepang kali ini ya.. semoga bermanfaat ^_^

Artikel selanjutnya kita akan bahasa tentang kata tunjuk koko, soko dan asoko.. ditunggu ya...

0 comments:

Post a Comment