2016-09-05

Fungsi dan Penggunaan Partikel Wa は, の No dan も Mo dalam bahasa Jepang


Partikel merupakan bagian penting yang harus dipahami oleh siswa atau pembelajar bahasa jepang, karna dengan memahami fungsi dan penggunaan partikel bahasa jepang dalam membentuk kalimat dan memahami kalimat dengan sangat baik, bisa dikatakan bahwa teman teman semua telah mempelajari ¼ dalam penguasaan bahasa jepang.
Penguasaan partikel dengan baik akan memudahkan untuk membentuk ataupun merangkai kalimat dalam bahasa jepang, karna bahasa jepang sepenuh nya disusun oleh partikel-partikel yang ada; (wa) (no)(ni)(mo)(ga)(de)(o)(e)(to), dan(ya)dan masih ada banyak lagi partikel dalam bahasa jepang.
Semua partikel yang tersebut diatas memiliki fungsi dan cara penggunaannya masing masing dalam membntuk sebuah kalimat. maka untuk memahami fungsi dan penggunaannya tersebut mari kita bahasa satu persatu.
1.      Partikel (wa)
Partikel wa yang menggunakan huruf hiragana (dibaca wa) ini merupakan partikel yang paling sering muncul dan kita dengar dalam bahasa jepang. seperti わたし は にほん陣ですwatasi wa nihon jin desu (saya adalah orang jepang), たなかさん は せんせい です tanaka san wa sensei desu (tuan tanaka adalah seorang guru), あの たかい が ですano hito wa takai ga desu (orang itu berbadan tinggi). Hampir disemua kalimat partikel wa muncul.  

Hal itu dikarenakan, pertama, partikel wa ( ) mempunyai fungsi sebagai penanda subjek. Sama halnya am, are, dan is dalam bahasa inggris. Dimana sturktur kalimat dalam bahasa jepang Sunjek + Objek + Prediket (SOP) maka wa terletak setelah subjek (orang, benda, tempat, kata penunjuk). インドネシア きれいな くに です indonesia wa kireina kuni desu.(indonesia adalah negara yang indah). Partikel wa disini juga bisa diartikan adalah. Seperti contoh berikut ini わたしはインドネシア人ですWatasiwa indonesia jin desu (saya adalah orang Indonesia)

Kedua, partikel wa mempunyai fungsi sebagai suatu penekanan aatau penegas, sebagai contoh
きょう は 学校 で いけません
kyou wa gakkou de ikemasen (hari ini saya tidak pergi kesekolah).

2.      Partikel (mo)
Partikel selanjutnya dalam bahasa jepang yaitu mo . Partikel yang satu ini memiliki arti juga dalam kalimat. Tuan yamada adalah orang jepang. tuan tanaka juga orang jepang.
Maka fungsi partikel mo yaitu menunjukkan hal yang sama seperti hal yang lainnya.
Contoh:
わたしはせんせい です。たなか さん も  せんせい です.
Watasi wa sensei desu. Tanaka san mo sensei desu
(saya adalah seorang guru. Tuan tanaka juga seorang guru.)

あなた は とうがらし が きらい です。わたしもです
anata wa tougarashi ga kirai desu. Watasi mo desu.
(anda tidak suka cabai. Saya juga)

Dari contoh kalimat diatas dapat kita pahami bahwa partikel mo digunakan ketika kita mengatakan suatu hal yang sama. baik itu hobi, kesukaan, pekerjaan, suatu keadaan yang sama.

3.      Partikel (no)
Partikel no merupakan partikel yang mempunyai arti punya atau kepunyaan, seperti: buku punya tuan tanaka, adik perempuan tuan yamada, mobil saya. Semua kata dalam contoh itu menggunakan partikel no. Seperti contoh:

 せんせい の くるま です
Sensei no kuruma desu (mobil punya guru)
たなか さん の いもうと
Tanaka san no imouto (adik perempuan tuan tanaka)
この かばん は わたしの です
Kono kaban wa watasino desu ( tasi itu punya saya)

Dari contoh tersebut dapat kita perhatikan bahwa, penggunaan partikel no hanya sebagai penghubung dua kata benda. Dan akan salah ketika menggunakan selain dari pertikel no karna akan menimbulkan salah makna dan salah secara grammar.

pantengin trus blog nya ya teman-teman,  semoga bermanfaat. 


0 comments:

Post a Comment